Jadwal pola makan yang saya jalankan selama GERD



Awal menjalankan pola makan ini, saya sungguh tersiksa. Bagaimana tidak, semua makanan yang saya inginkan adalah pantangan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, saya dapat move on pelan-pelan. Ketika saya menuruti hawa nafsu untuk memakan makanan yang saya makan semisal bakso, ada efek yang saya harus bayar seperti jerawatan, mual, ingin muntah tetapi tidak bisa, mood langsung jelek. Saya pun menjadi urung dan berkipir 3-4 kali untuk makan makanan tersebut.

Pun seiring dengan berjalannya waktu, makan-makanan yang dulu enak di lidah seperti mi instan, mi ayam, ayam goreng tepung jadi terasa hambar dan hanya bikin enek. Tubuh terasa menagih untuk diisin sayur dan buah saja.

cemilan sayur

Tanpa panjang lebar kurang lebih inilah pola makan saya sehari-hari

05.00 perasan jeruk nipis hangat dengan air hangat cenderung agak panas
05.30 dua sendok makan madu dicampur segelas air yang agak panas
06.00 minum air hangat ajah
07.00 makan buah ( semangka atau pepaya atau melon atau apel) sepiring kecil
08.00 minum air hangat lagi
09.00 makan buah lagi semangkuk besar
10.00 minum air rendaman kurma + kurmanya
11.00 makan buah lagi sampai kenyang
12.00 ngemil wortel atau timun atau kol
12.30 makan nasi merah, tahu rebus/tempe rebus/tempe mentah, sayuran mentah seperti terong, daun kemangi, timun, daun poh-pohan, daun pepaya, pare dan lain-lain
14.00 ngemil sayur lagi atau makan telur mentah atau bikin teh rempah ( rempah-rampah yang direbus seperti, pala, kunyit, sereh dll)
16.00 ngemil sayur lagi atau makan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang mede
18.30 ngemil sayur lagi atau makan pisang prebus ( pisang kepok) atau singkong rebus
19.00 makan lagi seperti makan siang
20.30 minum madu lagi dua sendok makan dan minum air hangat
21.00 berusaha untuk tidur hehehe
03.00 bangun sholat tahajjud, minum air hangat plus perasan jeruk nipis

contoh pola makan food combining
Ket. gambar : nasi merah, tumis kacang panjang, terong mentah, tomat, tahu rebus



Itu kalo lagi rajin makan, terus terang kadang bosan makan seperti itu. Kalo lagi bosan, ya udah saya ngga makan, seharian hanya makan buah plus minum madu aja. Kalo lagi males makan dan ngga punya duit buat beli buah, ya udah puasa aja ato minum air aja seharian plus madu hehehe.


Jangan lupa sebelum tidur dan bangun tidur luangkan waktu untuk meditasi sebentar, 10 menit juga ga pa-pa. Kalo pas inget dimana aja dan kapan aja saya selalu berusaha untuk menarik napas panjang dan membuangnya pelan-pelan dan mengalirkannya ke bagian bawah pusar sambil zikir. 

Artikel Lain Yang Menarik :

Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Gejala Penyakit GERD yang tidak disadari ( silent disease of GERD)
Tips Mengatasi Keracunan Makanan
Sakaratul Maut, Tipes dan Gerd

Comments

Popular posts from this blog

Sakaratul maut, Tipes dan GERD ( Bagian 2)

Tips Penyembuhan Asam Lambung, Gastritis dan GERD

Herbal untuk demam naik turun